Teladan Rasulullah Memperlakukan Anak Kecil ~ Muhammad Bagas Rizky Pratama

Spread the love
Butuh waktu < 1 menit untuk membaca tulisan ini

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah yang paling baik akhlaknya. Paling sopan perilakunya. Beliau membimbing umatnya agar menghormati yang lebih tua, serta tidak merendahkan yang lebih muda. Beliaulah panutan terbaik bagi kaum muslimin.
Beliau sangatlah rendah hati dan ramah, bahkan kepada anak kecil. Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengisahkan,
كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزُوْرُ الأَنْصَارَ وَيُسَلِّمُ عَلَى صِبْيَانِهٍمْ وَيَمْسَحُ رُؤوْسَهُمْ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengunjungi (perkampungan) Kaum Anshar. Beliau mengucapkan salam kepada anak-anak Anshar dan mengusap kepala mereka.” (HR. At-Tirmidzi, no. 2696 dan An-Nasa’i dalam As-Sunan Al-Kubra, no. 8349, As-Silsilah Ash-Shahihah, 5/149)
Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam memcontohkan kepada kita adab yang baik ketika memperlakukan anak-anak.
Memberi salam kepada anak-anak juga dapat mendidik mereka. Mebiasakan mereka dengan adab-adab yang baik sejak kecil. Sehingga mereka dapat menerapkannya ketika bergaul dengan orang lain.
Maka sepatutnya bagi kita untuk meneladani beliau dalam hal ini. Karena mencontohkan perilaku ini kepada anak-anak akan membuahkan pahala. Sebab dengan begitu kita telah mendidik anak-anak kecil dengan pengajaran yang baik dan membiasakan mereka untuk menerapkan sunnah sejak dini.
=====
Muhammad Bagas Rizky Pratama, biasa dipanggil Bagas. Siswa jurusan keagamaan, MAN 2 Probolinggo. Lahir di Probolinggo pada tanggal 16 Maret 2006, dan sekarang berusia 16 tahun. Bertempat tinggal di Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, Kab. Probolinggo.