Saling Berbagi Untuk Meraih Rida Ilahi ~ Yunita Saifilla

Spread the love
Butuh waktu 2 menit untuk membaca tulisan ini

Kita semua tahu bahwa bulan suci Ramadhan sudah tiba, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Selain berpuasa dan meningkatkan ibadah kita, bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang tepat untuk beramal dan membantu sesama.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah membayar zakat. Ibadah ini merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting dan memiliki arti yang besar dalam kehidupan umat Muslim. Zakat adalah bentuk kewajiban untuk memberikan sebagian dari harta kekayaan kepada orang-orang yang membutuhkan. Tindakan ini juga dianggap sebagai ibadah yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Zakat mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah, dan diwajibkan kepada seluruh umat Muslim yang mampu serta memenuhi syarat-syaratnya. Terdapat banyak ayat dan hadis yang menegaskan pentingnya zakat. Salah satunya adalah dalam ayat Al-Baqarah ayat 110. Hal ini menunjukkan bahwa zakat memiliki kedudukan yang sama pentingnya dengan shalat sebagai rukun Islam.

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ ۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Terjemahnya:
Dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu akan kamu dapatkan (pahalanya) di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Di bulan Ramadan ini, umat Muslim wajib menunaikan Zakat Fitrah atau zakat nafs. Zakat fitrah berupa makanan pokok seperti beras sebanyak 2,5 kg atau 3,5 liter per orang yang harus diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Selain sebagai kewajiban, zakat fitrah juga dianggap sebagai bentuk penyucian jiwa karena tindakan ini mengajarkan umat Muslim untuk selalu berpikir tentang orang yang kurang beruntung.

Terdapat delapan golongan penerima zakat, yaitu fakir, miskin, amil, mu’allaf, riqab/memerdekakan budak, gharim/orang yang memiliki hutang, fi sabilillah, dan ibnu sabil.

  • Fakir adalah orang-orang yang memiliki harta namun sangat sedikit dan tak memiliki penghasilan sehingga jarang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik.
  • Miskin adalah orang-orang yang memiliki harta namun juga sangat sedikit dan penghasilannya hanya cukup untuk memenuhi makan, minum dan tak lebih dari itu.
  • Amil adalah orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.
  • Mu’allaf adalah orang yang baru masuk Islam dan bertujuan agar mereka semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya, Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai rasulNya.
  • Riqab/memerdekakan budak adalah orang-orang yang memerlukan bantuan untuk memerdekakan diri mereka dari perbudakan.
  • Gharim/orang yang memiliki hutang adalah orang-orang yang memiliki hutang dan membutuhkan bantuan untuk membayar hutang tersebut.
  • Fi sabilillah adalah segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah seperti pengembangan pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi.
  • Ibnu sabil disebut juga sebagai musaffir atau orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh namun kehabisan biaya untuk melanjutkan perjalanan tersebut.
  • Teman-teman, mari kita manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk melakukan amalan baik dengan membayar zakat fitrah. Meskipun masih berusia remaja, kita juga sudah dianjurkan untuk membayar zakat fitrah sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Sebagai anak muda yang penuh semangat, mari kita tunjukkan bahwa kita juga bisa menjadi bagian dari perbaikan kehidupan umat manusia.

    Mari kita saling mengingatkan dan membantu untuk menunaikan kewajiban kita membayar zakat fitrah, agar kita dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan hati yang tenang dan bahagia karena telah membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

    Salam Ramadhan, semoga kita semua selalu dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.

    Sumber : Buku paket fiqih X dan Indonesia Baik.

    =====

    Yunita Saifilla, lahir di tanjung 26 Maret 2008 dan menetap di tanjung. Menyelesaikan pendidikan sd di SDN tanjung pajarakan, lalu melanjutkan di SMPN 1 Pajarakan dan sekarang bersekolah di MAN 2 Probolinggo. Hobi membaca dan melukis. Bercita-cita menjadi guru. Instagram @onyours_afil