Musuh Terbesar ~ Amelia Hasanah

Spread the love
Butuh waktu 2 menit untuk membaca tulisan ini

Iblis musuh yang sangat besar bagi umat Islam. Iblis sudah berjanji akan menyesatkan umat Islam sampai hari kiamat. Beberapa ulama berpendapat kalau iblis itu mempunyai keahlian masing masing. Iblis yang ahli mengkufurkan akan menggoda manusia dengan tipu dayanya, agar mereka menjadi kufur. Yang ahli mengganggu orang sholat, tugasnya menggoda orang sholat. Dan masih banyak lagi tugas tugasnya. Iblis di keluarkan dari surga oleh Allah, karena iblis menolak untuk bersujud kepada Adam yang tercipta dari tanah, sedangkan dirinya tercipta dari api. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 34
Home QS. Al-Baqarah Ayat 34:

وَاِذۡ قُلۡنَا لِلۡمَلٰٓٮِٕكَةِ اسۡجُدُوۡا لِاٰدَمَ فَسَجَدُوۡٓا اِلَّاۤ اِبۡلِيۡسَؕ اَبٰى وَاسۡتَكۡبَرَ وَكَانَ مِنَ الۡكٰفِرِيۡنَ

Artinya : dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu kepada Adam!” Maka mereka pun sujud kecuali Iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan yang kafir.

Suatu hari Rasulullah hendak masuk ke masjid, tetapi Rasulullah merasa ada bayangan besar yang membayang. Hingga terlihat jelas ia iblis laknatullah yang sedang berada di dekat pintu. Rasullullah melihat ke dalam. Ada dua orang, satu sedang mendirikan sholat, dan satunya sedang tidur.

Kemudian rasullulah bertanya. “Wahai iblis, apa yang sedang kamu lakukan di sini?” Lalu iblis menjawab. “Aku hendak masuk masjid dan merusak sholatnya orang itu, tetapi aku takut kepada orang yang sedang tidur.” Jawab iblis sambil menunjuk pada seseorang yang sedang tertidur.

Rasullullah keheranan.

“Mengapa engkau takut kepada orang yang sedang tidur, dan tidak takut kepada orang yang sedang bermunajat kepada Allah?”

Iblis tidak bisa menyembunyikan rahasianya dari Rasulullah, lalu dia menjawab. “Ya Rasulallah, orang yang sedang sholat itu orang bodoh. Dia tidak tau syarat hukumnya sholat, tuma’ninah. Dan tidak bisa sholat dengan khusu’.”

Iblis melanjutkan perkataannya. “Sedangkan orang yang sedang tidur itu orang alim. Jika aku mengganggu sholat nya orang bodoh itu. Aku khawatir, dia membangunkan orang alim itu. Dan mengajarkan dan membetulkan sholat nya orang yang bodoh itu.”

Rasullullah mengangguk mengerti. Ia tau bahwa ilmu adalah senjat dan modal bagi umat nya, untuk mencapai kesejahteraan Dunia juga di akhirat. Beliau teringat kisah nabi Sulaiman yang lebih memilih ilmu daripada tahta, dan harta. Karena jika nabi Sulaiman memilih tahta, belum tentu harta dan ilmu bisa diraihnya. Jika memilih harta, belum tentu tahta dan ilmu bisa diraihnya. Dan ia memilih ilmu, akhirnya tahta dan harta dimilikinya.

Itulah alasannya iblis lebih takut kepada orang yang berilmu. Sebagaimana Rasulullah Saw pernah bersabda, “Tidurnya orang alim dan berilmu itu lebih baik daripada ibadahnya orang yang bodoh”.

Bionarasi:
Hallo nama saya Amelia Hasanah, mempunyai hobi membaca dan menulis, dan cita-cita setinggi langit.

Editor: Aisyah