Manfaatkan Kesempatan Emas ~ Muhammad Bagas Rizky Pratama

Spread the love
Butuh waktu < 1 menit untuk membaca tulisan ini

“Ingat sekarang lebih baik daripada ingat nanti.” Begitulah nasehat yang disampaikan Ustadz Nurul Huda saat berkhutbah di hari Jumat (24/03/2023) kemarin. Dalam khutbahnya, Ustadz Abu Ubaidillah An-Nasyimiy menyampaikan kiat-kiat dan nasehat agar semangat beramal shaleh di bulan Ramadan.

Salah satu cara agar semangat beramal shaleh di bulan yang mulia ini adalah dengan mengingat bahwa setiap momen di bulan ini adalah momen yang spesial, lebih istimewa dari bulan-bulan lainnya, waktu yang sangat dinantikan oleh orang-orang beriman. Sayangnya, tidak setiap orang yang menanti akan mendapatkan apa yang ia nantikan.

Ingatlah orang-orang yang bersama kita menjalankan ibadah di bulan Ramadan sebelumnya. Setelah berlalu bulan yang mulia itu, mereka menunggu kembali kedatangannya. Tetapi, setelah tiba bulan yang mereka impikan, mereka telah berada dalam kubur-kubur mereka di bawah gundukan-gundukan tanah yang kita saksikan. Andai saja mereka diberi kesempatan untuk kembali, mungkin mereka akan berusaha beribadah dengan maksimal.

Hal senada juga disampaikan Syaikh Dr. Muhammad bin Ghalib pada laman resmi beliau. Syaikh menyampaikan, “Ramadan tiba, ia datang membawa kenangan tentang mereka yang bersama kita pada Ramadan sebelumnya. Bahkan, sebagiannya telah antusias untuk menyambut Ramadan tahun ini, tetapi ketetapan Allah berkata lain. Insya Allah, pahala atas niat baik tersebut akan mereka dapatkan.

Saudara, perihal di atas merupakan mauizah bagi kita agar totalitas dalam memanfaatkan bulan Ramadan. Berikan yang terbaik untuk diri kita sendiri. Berikan sambutan yang istimewa untuk bulan Ramadan ini. Jalankan dengan penuh kesungguhan.”

Kawan, “ingat” terhadap kesempatan yang Allah berikan sekarang, lalu memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya melalui amal yang maksimal itu lebih baik daripada “ingat” ketika kelak sudah tak dapat lagi beramal kemudian dipenuhi dengan sesal. Karenanya, manfaatkanlah kesempatan emas ini, kawan.

=====

Muhammad Bagas Rizky Pratama, biasa dipanggil Bagas. Siswa jurusan keagamaan di MAN 2 Probolinggo. Lahir di Probolinggo pada tanggal 16 Maret 2006. Bertempat tinggal di Desa Sukokerto, Kec. Pajarakan, Kab. Probolinggo.