Madrasah Ramadan ~ Aisyah

Spread the love
Butuh waktu 2 menit untuk membaca tulisan ini

Bulan Ramadan, bulan suci yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia, telah tiba lagi. Seperti dirimu yang kini telah berubah, begitu pula bulan Ramadan ini membawa banyak perbedaan dan pengalaman baru. Namun, takdir yang berbeda dan tantangan yang muncul tidak menyurutkan semangat untuk terus melaksanakan kegiatan-kegiatan bermanfaat di bulan suci ini.

Banyak orang memanfaatkan bulan Ramadan sebagai waktu untuk mengevaluasi diri, menetapkan tujuan, dan berusaha menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya berpuasa dan menunaikan ibadah-ibadah sunnah, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi sesama.

Salah satu cara untuk mengisi bulan Ramadan adalah dengan menghargai dan merawat diri sendiri. Kita dapat menetapkan tujuan dan mengejar perubahan yang positif dalam hidup, seperti meningkatkan ibadah tarawih atau mengkhatamkan Al-Quran sebanyak tiga kali. Kita juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang menginspirasi dan memberikan manfaat bagi orang lain, seperti memberikan sedekah atau membantu orang-orang di sekitar.

Sebagai umat Muslim, kita juga dapat memanfaatkan bulan suci ini sebagai waktu untuk memperkuat ikatan dengan Tuhan, memperdalam pengetahuan agama, dan meningkatkan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup. Selain itu, kita juga dapat memperkuat silaturahmi dengan keluarga, teman, dan tetangga, serta berkontribusi dalam masyarakat dengan membantu orang yang membutuhkan.

Itu dapat menjadi ajang untuk perubahan diri agar lebih baik dari sebelumnya. Hal itu juga diriwayatkan dalam salah satu hadist, yaitu,

مَنْ كَانَ يَوْمُهُ خَيْرًا مِنْ أَمْسِهِ فَهُوَ رَابِحٌ . وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ مِثْلَ أَمْسِهِ فَهُوَ مَغْبُوْنٌ . وَمَنْ كَانَ يَوْمُهُ شَرًّا مِنْ أَمْسِهِ فَهُوَ مَلْعُوْنٌ

Terjemahnya:
“Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka.” (HR. Al Hakim).

=====

Hai, aku Aisyah, panggil aja Ais! Siswa MAN 2 Probolinggo. FYI, aku anak IPS, ya hehe. Aku suka apapun yang berbau senja dan pantai, apalagi jika bisa menikmatinya bersama dia. Sekian dan terima kasih. Kalian bisa temui aku di @aisyazraaa_.