Definisi Ikhlas ~ Amelia Hasanah

Spread the love
Butuh waktu < 1 menit untuk membaca tulisan ini

Ikhlas kata yang terdiri dari enam huruf. Namun sangat langkah sekali orang yang melakukan nya. Ikhlas adalah memberi dan menerima sesuatu dengan lapang dada tanpa mengharap imbalan. Ikhlas itu bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami. Ada, tapi sulit untuk di temukan. Orang yang bisa melakukan ikhlas dengan tulus pasti hati nya sangat mulia. Allah hanya menanamkan rasa ikhlas pada hambanya yang terpilih. Sebagaimana firman Allah.

“Ikhlas adalah salah satu dari rahasiaku, yang Aku berikan ke dalam hati orang-orang yang kucintai dari kalangan hamba-hamba-Ku”.

Syeikh Ibnu Atho’illah bersabda. ” Tidak ada amal-amal yang agung dapat tegak kecuali Allah telah menanamkan cahaya ikhlas yang dapat menghidupkan amalnya. Amal adalah geraknya badan lahir atau hati. Amal itu digambarkan sebagai tubuh (jasad). Sedangkan ikhlas itu sebagai ruhnya. Badan tanpa ruh berarti mati.”

Dalam kitab Nashaihul Ibad karangan syekh Muhammad Nawawi. membagi ikhlas menjadi tiga tingkatan.

Pertama, tingkatan paling tinggi atau ikhlasul muhibbin, melakukan sesuatunya tanpa di ketahui oleh makhluk (manusia), maksudnya, pada tingkatan ini orang melakukan ibadah tidak memiliki tujuan selain melakukan perintah Allah. Orang tersebut tidak berpikir ibadah yang di akan membawa nya ke Surga atau neraka. Dia hanya mengharapkan ridho Allah semata.
Seperti kata Rhobiatu adawiyah. “Lebih baik aku masuk neraka tapi Allah meridhoi, daripada masuk surga tetapi Allah tidak meridhoi.”

Kedua, seseorang beramal karena Allah, tetapi sebenarnya ia berharap agar ibadahnya membuatnya mendapatkan pahala dari Allah SWT. Ini termasuk ikhlas tetapi tidak sempurna karena didorong oleh keinginan lain. Seperti beribadah tetapi hanya mengharapkan pahala.

Ketiga, tingkatan ikhlas yang paling rendah, karena seseorang beribadah karena Allah, tetapi memiliki harapan imbalan duniawi. Seperti dia sholat tetapi hanya ingin di lihat atau di puji orang (riya’).

Bionarasi.
Hallo saya Amelia Hasanah, mempunyai cita cita setinggi langit. Hobi yang membaca dan menulis.

Editor : Aisyah