Coklat Manis Membuat Awet Muda ~ Aprilia Anggraini Putri

Spread the love
Butuh waktu 3 menit untuk membaca tulisan ini

Coklat pada awalnya memiliki rasa yang pahit, namun banyak digemari oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Setelah melalui beberapa proses, coklat ternyata memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, yaitu dapat membantu memperpanjang umur seseorang. Pasti penasaran dengan penjelasannya kan, mari kita simak lebih lanjut.

Coklat berasal dari kata xocoatl dalam bahasa suku Aztec yang berarti minuman pahit. Suku Aztec dan Maya di Meksiko mempercayai bahwa dewa pertanian telah mengirimkan coklat dari surga untuk mereka. Pada awalnya, coklat memiliki rasa yang pahit, namun setelah Cortes membawa coklat ke Spanyol antara tahun 1502-1528, orang-orang Spanyol mencampurnya dengan gula sehingga rasanya lebih enak dan lezat. Pada tahun 1762, didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.

Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa dengan mengontrol aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan pola makan, orang yang suka makan permen atau coklat dapat memiliki umur yang lebih panjang sekitar satu tahun dibandingkan dengan mereka yang tidak suka makan coklat. Diduga bahwa antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa orang yang suka makan coklat bisa memiliki umur yang lebih panjang.

Rasa asli biji coklat sebenarnya pahit karena kandungan alkoloid di dalamnya. Namun, setelah melalui beberapa proses, biji coklat dapat diolah menjadi coklat yang menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Biji coklat mengandung lemak sebesar 31%, karbohidrat 14%, dan protein 9%. Protein dalam coklat mengandung asam amino triptofan, fenilalanin, dan tirosin. Meskipun coklat mengandung lemak yang tinggi, namun relatif tidak mudah tengik. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan polifenol sebesar 6% dalam coklat yang berfungsi sebagai antioksidan dan pencegah oksidasi.

Pada kenyataannya, makan coklat tidak akan menimbulkan kecanduan. Namun, bagi sebagian orang, rasa coklat yang enak mungkin menyebabkan kecanduan untuk mengonsumsinya kembali. Hal ini dikenal sebagai chocolate craving. Dampak coklat terhadap perilaku dan suasana hati (mood) dapat mempengaruhi kecanduan coklat. Kecanduan coklat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti aromanya, teksturnya, rasa manis, pahit, dan lain sebagainya.

Kecanduan coklat sering dikaitkan dengan kandungan phenylethylamine, yang merupakan suatu substansi mirip dengan amphetamine. Substansi ini dapat meningkatkan serapan tryptophan ke dalam otak, yang kemudian meningkatkan produksi dopamine. Dampak dopamine adalah munculnya perasaan senang dan perbaikan suasana hati.

Ada pula dzat katekin. Senyawa ini adalah antioksidan kuat yang terkandung dalam coklat. Antioksidan berfungsi untuk mencegah penuaan dini yang dapat disebabkan oleh polusi atau radiasi. Katekin juga terdapat pada teh, meski tidak sebanyak yang terdapat pada coklat. Sebelumnya, orang tua sering menggunakan air teh untuk mencuci muka karena diyakini dapat membuat kulit bersinar dan terlihat awet muda.

Manfaat coklat hitam (dark chocolate) antara lain:
1. Meningkatkan kemampuan penglihatan di kondisi cahaya rendah, seperti pada cuaca buruk dan sebagainya.
2. Menurunkan tekanan darah, dan memberikan efek yang menguntungkan terhadap kadar kolesterol, fungsi trombosit, dan sensitivitas insulin.

Belum ada bukti yang mendukung mitos bahwa coklat dapat menimbulkan jerawat dan plak gigi. Plak gigi adalah lapisan lengket yang menempel pada gigi dan mengandung bakteri. Jika plak gigi tidak dihilangkan ketika masih lunak, plak akan mengeras dan sulit dihilangkan. Plak gigi dapat merusak gigi dan menyebabkan kerusakan gigi atau bahkan gigi tanggal. Plak gigi juga dapat terbentuk pada orang yang mengonsumsi makanan biasa sehari-hari. Namun, belum ada bukti yang meyakinkan bahwa coklat dapat menimbulkan plak gigi atau masalah gigi lainnya.

Hanya saja, coklat perlu diwaspadai khususnya oleh orang yang menderita batu ginjal. Kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah dengan minum banyak air setelah mengonsumsi coklat agar tetap sehat, dan setelah itu menyikat gigi agar gigi juga tetap sehat.

=====

Aprilia Anggraini Putri lahir di Bangkalan Tanggal 16 April 2002. Jenjang pendidikan sekolah dasar MI Salafiyah, MTS Salafiyah, dan sekarang melanjutkan ke man 2 Probolinggo jurusan IPA.
Selain menjadi pelajar,ia mengabdi di TPQ Sukomulyo,yang dikenal dengan Rumah ABATA. Pada 2015, ia berhasil menjuarai Kompetisi Sains Madrasah (KSM).