Berkah Selalu Bersyukur ~ Aprilia Anggraini Putri

Spread the love
Butuh waktu 2 menit untuk membaca tulisan ini

Tik, tik, tik … bunyi hujan di atas genting
Guys, lagu ini tentu tak asing, dan pasti pernah dengar kan. Cocok banget dengan cuaca yang sering turun hujan, lengkap dengan petir-petir yang mengelegar. Seperti halnya ketika tulisan ini dirangkai, saya bahkan bersama teman-teman sekamar dikagetkan oleh petir yang tiba-tiba bergemuruh.

Libur semester selesai, para santri pun kembali ke ma’had. Tak Cuma menghadirkan suasana riuh kesibukan para santri dan keluarganya yang datang untuk merapikan dan melengkapi kebutuhan selama di ma’had, atmosfer kekeluargaan antara sesama santri juga sangat terasa ketika saling berjumpa pascaliburan sekolah.
“Alhamdulillah, we santri ma’had wes balikan kabeh. Ditambah bakal onok santri baru,” komentar salah seorang ustaz.
Banyak kesan menarik selama di ma’had. Mulai dari hal positif seperti semangat para santri mengikuti salat jemaah dan menuntut ilmu, dan ada pula kejadian konyol seperti sandal yang raib entah kemana, ember cucian yang tak jelas siapa yang meminjam dan tak dikembalikan, antrean jemuran yang menumpuk, bahkan sampai kehilangan kasur.
Ntah kemana kasur itu pergi … heheheee
Berbagai kesan tersebut, meskipun ada yang kurang menyenangkan, tak lantas mematahkan semangat para santri untuk menuntut ilmu. Alhamdulillah … luar biasa!

Sebuah pepatah bijak yang bisa menjadi penyemangat para santri ma’had dalam menuntut ilmu, “Seseorang yang sedang merasakan kelezatan mencari ilmu, maka ia akan menerjang segala macam rintangan yang akan selalu menghadang di depan mata”.
Dalam al-Quran, Allah Swt. juga telah menjanjikan berbagai keutamaan bagi para penuntut ilmu. Salah satu keistimewaan yang dijanjikan, Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan, sehingga segala urusan dipermudah serta dilapangkan jalannya untuk meraih setiap cita-cita yang diimpikan. Allah Swt. berfirman:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قِيْلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَافْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَكُمْۚ وَاِذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَانْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۙ وَالَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ
Terjemahnya:
Wahai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu “Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,” lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Apabila dikatakan, “Berdirilah,” (kamu) berdirilah. Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.(QS. Al-Mujadalah: 11)
Dari berbagai peristiwa dan pengalaman di ma’had, banyak hikmah yang bisa dipetik. Segala hal pasti bisa dilalui oleh seorang penuntut ilmu. Sebab, sesulit apapun rintangan yang akan dilalui, Allah akan selalu menyertai dalam setiap langkahnya.

Bionarasi
Aprilia Anggraini Putri lahir di Bangkalan Tanggal 16 April 2002. Jenjang pendidikan sekolah dasar MI Salafiyah, MTS Salafiyah, dan sekarang melanjutkan ke man 2 Probolinggo jurusan IPA.
Selain menjadi pelajar,ia mengabdi di TPQ Sukomulyo,yang dikenal dengan Rumah ABATA. Pada 2015, ia berhasil menjuarai Kompetisi Sains Madrasah (KSM).