Arti Menghargai ~ Amelia Hasanah

Spread the love
Butuh waktu < 1 menit untuk membaca tulisan ini

Menghargai sebuah kata sangat sederhana, tetapi mampu memberikan dampak besar dalam hidup kita. Meski mudah diucapkan oleh banyak orang di penjuru dunia, menerapkannya tidaklah mudah. Banyak orang menginginkan dihargai, namun mereka tidak tahu cara menghargai orang lain.

Salah satu ayat yang membahas tentang saling menghormati terdapat pada Surah An-Nisa ayat 86:

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا
Terjemahnya:
Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan (salam), balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya atau balaslah dengan yang sepadan. Sesungguhnya Allah Maha Memperhitungkan segala sesuatu.(QS. Al-Nisaa’ : 86)

“Saling menghargai” sangatlah penting dalam hidup kita. Banyak pertemanan dan keluarga yang hancur karena kurangnya rasa saling menghargai. Menghargai sesama dapat membawa kedamaian dan ketentraman dalam hidup kita. Seseorang yang memiliki pikiran yang terbuka dan luas pasti akan memiliki sikap yang menghargai orang lain.

“Belajar menghargai orang lain merupakan bagian dari upaya untuk menghargai diri sendiri.”

“Dengan menghargai orang lain, kita tidak kehilangan apapun. Namun, dengan merendahkan orang lain, justru kita kehilangan harga diri.” – KH. A. Mustofa Bisri.

Hal yang sepele bagi kamu, belum tentu sepele bagi orang lain. Oleh karena itu, sikap saling menghargai sangatlah penting. Jangan sampai kamu kehilangan sesuatu yang membuatmu menyadari arti dari menghargai.

=====

Assalamualaikum!
Perkenalkan saya Amelia Hasanah, seorang pemimpi dengan cita-cita setinggi langit. Saya sangat mencintai dunia literasi, khususnya membaca dan menulis. Di samping itu, saya juga merasa terpukau oleh keindahan hujan yang turun dari langit.